Minggu, 01 Agustus 2010

Buat yang Insomnia...

Tidur adalah suatu kesenangan yang paling besar dalam dunia ini, selain kita bisa melupakan masalah kita untuk sejenak tidur bisa membangkitkan kembali stamina  kita. Pernahkah anda merasa sulit tidur di malam hari? hingga anda terjaga hingga keesokan harinya? 
Insomnia (tidak bisa tidur).

Tidur juga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. tanpa tidur yang cukup, tubuh akan menderita, otak menjadi kurang efektif, dan pada saatnya tubuh akan menderita. 
Bila anda tidur 1 hari terlalu malam maka untuk memulihkan kembali tubuh anda, anda harus tidur jam 9 malam selama 2minggu berturut-turut.

Banyak orang yang susah tidur karena masalah di dalam diri mereka sendiri, jika seseorang sedang dalam keadaan pikiran yang tidak benar seperti sedang stress, banyak masalah, banyaknya tuntutan pekerjaan, dst. Sering kali ia mengalami susah tidur. Jadi bagi anda yang mengalami susah tidur, sebaiknya tenangkan pikiran anda rilekskan semua saraf-saraf tubuh anda.

Inilah beberapa tips kegiatan yang bisa anda lakukan untuk membuat pikiran anda rileks dan menuntun anda untuk segera tertidur.

Membaca buku. Bagi sebagian orang membaca buku dapat memberi relaksasi dan menenagkan pikiran sebelum mematikan lampu untuk tidur. Bacalah buku yang baik tetapi janganlah yang merangsang pikiran, seperti, majalah, cerita pendek, atau surat kabar. Hal ini dapat mendorong pikiran ke kegiatan rendah dan merilekskan pikiran anda yang akan menuntun anda untuk tidur. 

Mandi air hangat. Mandi air hangat akan memberikan sedikit relaksasi pada tubuh anda dan anda pun akan merasa nyaman. Dengan berendam air hangat itu akan memberikan efek soparifik (efek ingin tidur) jika darah yang dihangatkan itu beredar ke otak, tapi hati-hati jangan sampai tertidur di bak mandi. 

Minuman hangat. Minuman hangat juga dapat memberikan relaksasi. Ini memang sudah terbukti dari penelitian baru-baru ini yang di laporkan di British medical journal. Akan tetapi jaganlah minum teh atau kopi, karena minuman ini mengandung kafein, perangsang saraf, yang mempunyai efek sebaliknya. 

Gunakan tempat tidur yang nyaman, yang cocok untuk anda karena tempat tidur yang cocok untuk anda belum tentu cocok untuk orang lain. Haruslah di buat sedemikian rupa, untuk memenuhi selera anda. Tempat tidur yang tidak memungkinkan anda rileks secara sempurna tidak akan memberi permulaan yang baik untuk tidur yang lelap. 

Jadi kesimpulannya untuk bisa tidur anda harus bisa rileks, hilangkan semua masalah yang mengganjal yang bisa menghalangi anda untuk tidur.

Jangan jadi bodoh bergantung pada pil, tablet, kapsul, dsb, untuk membuat anda tidur. Obat-obat tidur hanyalah dipakai pada keadaan yang sangat perlu sekali saja, seperti pada waktu sakit, atau oleh suatu keperluan di rumah sakit, tetapi TIDAK untuk keadaan-keadaan biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

Terms of service.


Terima kasih telah mengunjungi blog saya :) . Semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi saya dan bagi kalian semunya. Bila kalian suka dan ingin mengcopy artikel yang saya tulis disini tidak apa-apa, tetapi tolong cantumkan nama blog saya agar tidak terjadi kesalah pahaman dan menimbulkan tidak enak hati. Saya juga akan melakukan hal yang sama bila mengcopy artikel dari blog lain. Sebelum dan sesudahnya Terima Kasih.